Jumat, 22 Februari 2019

Cara Menjadi Desain Graphic dengan Jam Terbang Tinggi


Di manapun Anda bekerja, apapun profesinya, Anda harus selalu dituntut untuk menjadi yang terbaik, handal dan profesional. Seorang yang bekerja di bidang kreatif juga mendapatkan tuntutan serupa. Jadi, bagaimana cara menjadi desain graphic yang handal dengan jam terbang yang tinggi ?

Desain Graphic

1. Kenali Siapa Klien Anda
Paling utama, hal yang harus Anda lakukan adalah mengenali siapa saja klien Anda. Maksudnya seperti ini, Anda harus tahu, di tahun 2019 ini, siapa saja sih atau profesi apa saja sih yang sangat memerlukan desain grafis. Kenapa perlu tahu ini, banyak sih manfaatnya. Pertama, Anda bisa melakukan pendekatan dengan beberapa cara.

Misal, Anda bisa mengikuti orang dengan profesi tertentu di sosial media. Kalau mereka memang membutuhkan jasa desain graphic, beberapa di antara mereka yang Anda ikuti pasti akan menengok profil Anda. Apalagi jika Anda memberikan beberapa like ke akun-akun orang yang menurut Anda berpotensi untuk menjadi klien.

Beberapa profesi yang pasti memerlukan seorang desainer seperti Anda adalah blogger, youtuber, selebgram, buzzer, influencer, dropshipper, pemilik toko online dan sebagainya. Anda juga bisa melakukan pendekatan kepada beberapa orang yang memiliki komunitas atau club. Mereka biasanya memerlukan desain banner, ataupun logo.

2. Kembangkan Skill-mu
Jika Anda basic-nya ada pada desain logo. Maka, jangan puas hanya punya skill di satu hal tersebut. Anda harus terus mengembangkannya dan berusaha menyeimbangkan dengan pasar. Misalnya, Anda juga harus bisa mendesain sebuah banner online seperti header untuk profile di Facebook, atau bahkan pembuatan portofolio dan resume

Anda sebaiknya bisa menyesuaikan keahlian desain Anda dengan apa yang sedang sangat dibutuhkan sekarang ini. Jadi, peluang usaha Anda tidak terbatas. Dengan begitu, klien Anda pun tambah banyak.

3. Buat Sebuah Tim
Kerja sendiri memang menyenangkan dan bebas. Namun, kerja dalam tim mendekati dengan kerja cerdas dan lebih banyak untungnya karena sejatinya tidak ada dari kita yang tidak membutuhkan bantuan dari orang lain. 

So, kembali ke pekerjaan, buatlah semacam tim. Misal satu orang sebagai CS, satu orang lainnya sebagai pendesain logo, satu lainnya sebagai desainer CV dan seterusnya. Dengan begitu, Anda juga bisa memenuhi order dari klien dengan lebih cepat dan lebih profesional tentunya.

4. Bergabung di Website Besar
Anda pasti tahu website yang ada sekarang yang memfasilitasi dua pihak untuk bertemu dan bertransaksi bukan cuma masalah barang tetapi juga jasa. Nah, sudah ada nih sebuah wadah yang mampu mempertmukan banyak desainer dengan banyak sekali peminat yang akan menggunakan jasa mereka. 

Salah satu website penyedia jasa ini adalah fastwork.id. Di sini, Anda dapat memasang iklan jasa Anda dengan penjelasan detail. Lalu, Anda hanya perlu menunggu. Banyak sekali orang-orang yang membutuhkan jasa Anda akan mengunjungi website tersebut dan kalau berjodoh, maka akan menemui Anda dan order jasa Anda.

Desain Graphic

Website seperti ini juga sudah dianggap profesional begitu pula dengan jasa yang ada di dalamnya. Secara tidak langsung, Anda turut dipromosikan jasanya melalui website tersebut. Jadi, branding Anda terbantu karena hal ini dan klien pun pasti bertambah drastis.

Nah, itu dia beberapa cara menjadi desain graphic yang handal dengan jam terbang yang tinggi. Semuanya tentu takes time. Tidak bisa langsung terjadi begitu saja. So, terus berusaha !

0 komentar:

Posting Komentar