Senin, 18 Februari 2019

Cara Merawat Baju Batik agar Tidak Cepat Pudar


Baju batik pria merupakan baju yang seringnya digunakan untuk kegiatan formal atau pun semi formal. Anda dapat memilih sesuai dengan selera. Ada berbagai jenis batik dengan cara pembuatan yang beragam. Pilihlah baju bati dari bahan katun yang berkualitas agar tahan lama. 


1. Mengikuti Instruksi
Cara perawatan yang pertama yaitu dengan melihat bagian instruksi dari label baju. Baju batik yang berkualitas akan memiliki bagian label sebagai petunjuk pencucian. Jangan mengira hanya sebagai pajangan atau merek semata. 

Anda perlu memperhatikannya dengan bijak agar melakukan pencucian dengan tepat. Petunjuk biasanya berisi cara pencucian yang boleh dilakukan menggunakan mesin cuci atau tidak. Ada gambar mesin cuci yang akan disilangkan jika tidak boleh. 

2. Membalikkan Baju
Cara selanjutnya sebelum melakukan pencucian adalah membalik baju. Ini penting agar warna tidak mudah pudar, Anda bisa membandingkannya dengan baju yang dicuci tanpa dibalikkan. Setelah itu, pisahkan baju batik Anda dengan baju lainnya saat melakukan pencucian. Pemisahan ini juga bertujuan untuk mencegah baju terkena luntur dari warna baju lainnya. 

3. Detergen yang Tepat
Saat mencuci baju batik, pilihlah detergen yang tepat. Detergen yang tidak mengandung pemutih karena bisa menyebabkan warna baju batik menjadi rusak. Pilihlah detergen yang aman digunakan dari produk berkualitas. 

4. Menggunakan Air Dingin
Cara perawatan untuk baju batik agar tahan lama dengan menggunakan air dingin. Cara ini akan membuat warna menjadi awet. Maksudnya air dingin adalah air dari sumur tanpa tambahan air panas atau pun air sulingan yang panas. Air panas dapat merusak serta baju batik, sehingga warnanya memudar. 

5. Jangan Direndam Terlalu Lama
Kebiasaan yang sering dilakukan sebelum pencucian baju Anda akan merendam baju. Pada saat mencuci baju batik agar tahan lama warnanya, maka jangan direndam terlalu lama. Rendamlah baju hanya dengan waktu maksimal 15 menit mengingat baju batik dibuat dengan teknik beragam.

6. Tambahkan Cuka 
Cara agar baju batik pria tidak cepat pudar bisa melakukan perawatan dengan menggunakan cuka. Anda cukup menambahkan secangkir cuka kecil ke dalam cucian batik Anda. Tidak lama, hanya lima menit. Larutan ini dimasukkan saat melakukan bilas baju batik Anda. 

7. Kecepatan Mesin Cuci
Jika baju batik Anda bisa dicuci dengan mesin cuci, pilihlah kecepatan yang tidak terlalu cepat. Pilih yang sedang saja agar tidak membuat serat baju batik menjadi rusak atau warna menjadi pudar. Saat menggunakan mesin cuci, di tahap pengeringan juga gunakan kecepatan yang tidak terlalu cepat. Jangan terlalu sering pencuci baju batik terlalu sering setiap pemakaian. 

8. Gunakan Pelembut Pakaian 
Gunakan pelembut pakaian untuk membuat baju batik Anda tidak mudah pudar. Pilihlah pelembut pakaian yang tidak mengandung zat kimia berbahaya bagi serat baju batik. Anda bisa memilih merek yang sudah terpercaya. 

9. Jangan Kena Sinar Matahari Langsung
Saat menjemur baju batik jangan terkena sinar matahari langsung yang dapat membuat baju menjadi pudar. Jemurlah di bawah atap atau di dalam ruangan. Anda bisa juga menjemur baju batik di sore hari saat matahari sudah tidak terlalu terik. 

Baju batik pria bisa Anda lakukan pembelian di berbagai toko online atau pun offline. Anda tinggal memilih ukuran yang tepat dengan memperhatikan bagian lengan dan bagian pinggir baju. Pastikan Anda memilih model baju yang nyaman untuk digunakan. Corak dan motif menjadi hal yang perlu dipertimbangkan saat melakukan pembelian baju batik.   

0 komentar:

Posting Komentar