Sabtu, 02 Februari 2019

Kerajinan Tangan Indonesia yang Melambung di Mata Dunia


Dalam kehidupan, ada benda-benda yang tidak cukup hanya dibuat dengan bermodalkan teknologi saja. Salah satunya yang berbau kesenian. Lewat kerajinan khas Indonesia, kita patut bangga dengan buah karya anak bangsa. Pasalnya, beberapa kerajinan yang akan kita bahas nanti, produknya telah diakui dunia sebagai produk unggul atau papan atas. Nah, untuk menyingkat waktu, langsung saja.

1. Wayang


Banyak kisah-kisah yang bisa dituturkan melalui kesenian wayang. Bisa untuk kisah klasik pada zaman kerajaan, maupun kisah sehari-hari. Umumnya, kesenian wayang sarat dengan humor satir tetapi cukup menggugah jiwa. Bahkan salah satu Walisongo bernama Sunan Kalijaga menggunakan wayang sebagai media dakwah yang sangat efektif.

2. Batik


Siapa yang tidak kenal batik ? Warisan budaya Indonesia ini selalu dijaga dari waktu ke waktu. Bahkan sekarang penjualannya cukup meningkat, mengingat Presiden RI ke-7, Joko Widodo terus mempromosikan setelan baju dari batik saat melawat ke banyak negara. Alhasil, batik dari kelas klasik hingga modern pun menarik perhatian dunia dengan cepat.

3. Kerajinan Kulit


Ada banyak barang ekonomis yang dibuat dari bahan kulit. Beruntungnya, masyarakat Indonesia masih banyak yang memelihara binatang. Kabar bagus. Pasalnya, kerajinan dari kulit bisa dibuat tas, ikat pinggang, sepatu, dan lain-lain dengan harga jual yang cukup mahal. Bahkan kerajinan ini telah menembus pasar dari daratan berbagai benua.

4. Kesenian Batu


Kita patut bersyukur memiliki generasi yang pandai memahat batu. Keahlian bangsa Indonesia dalam seni memahat sering membuat decak kagum dunia. Terutama saat membuat seni pahat batu yang cukup rumit, seperti patung dewa ukuran mini, stupa, dan beragam jenis batu mulia. Dua daerah tempat pengrajin batu yang berbakat bisa ditemui di Jepara dan Bali.

Memang benar bahwa Indonesia masih menjadi negara berkembang. Tapi ini justru kabar bagus karena negara yang telah dikuasai industri teknologi belum tentu bisa melakukan kerajinan seindah ini. Mereka kaya, tapi dari segi uang. Sementara Indonesia kaya dari segi kemanusiaan dan juga tingginya nilai rasa dalam kesenian. Inilah yang membuat negara lain banyak yang tertarik belajar seni dari Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar