Selasa, 25 Juni 2019

8 Bahan Skincare Antikeriput untuk Kamu yang Senang Jastip


Masuki usia 20 tahun, tidak sedikit orang yang mengalami penuaan dini seperti timbulnya kerutan halus dan keriput. Meski sudah coba memakai rangkaian produk anti-aging yang beredar di pasaran, sayangnya keriput tetap terlihat. Menurut ahli kecantikan, keriput di kulit manusia terbagi menjadi 2: ekstrinsik dan intrinsik. Keriput ekstrinsik biasanya timbul karena pengaruh luar seperti diet yang salah, paparan sinar matahari berlebih, sampai hal sepele seperti stres saat memilih jadwal penerbangan untuk liburan.

Skincare

Padahal, di era yang semakin canggih, kamu hanya perlu install app dan cek flight status secara realtime untuk mengetahui berbagai jadwal untuk liburan. Sementara keriput intrinsik disebabkan oleh hal yang terjadi dari dalam tubuh seperti penyusutan kolagen, lambatnya pertumbuhan sel, dan lain-lain. Agar keriput dan garis halus tidak bertambah banyak, ada baiknya kamu gunakan produk skincare dengan kandungan bahan-bahan seperti di bawah ini.

1. Retinol
Zat satu ini dapat membantu ‘menebalkan’ sel kulitmu sehingga memperlambat kerusakan kolagen. Sehingga, masalah kerusakan kolagen seperti permukaan kulit tidak rata dan bintik hitam efek terpapar sinar UV bisa diatasi.

2. Vitamin C
Tidak cuma bagus untuk kekebalan tubuh saat dikonsumsi, vitamin C terbukti menguatkan ‘benteng’ pertahanan kulit terhadap paparan radikal bebas. Zat ini bekerja seperti perisai yang melindungi lapisan kulit dan meningkatkan kemampuan sel kulit untuk melawan debu, kotoran, unsur berbahaya yang didapat dari faktor luar dan tanda penuaan. Satu lagi, vitamin C juga dapat mencerahkan kulit, loh.

3. Ekstrak Teh Hitam (Black Tea)
Sering lihat produk skincare yang mengandung green tea, apakah artinya teh jenis lain tidak terlalu bermanfaat untuk kulit? Nyatanya, ekstrak teh hitam alias black tea juga banyak dipakai untuk bahan utama skincare. Teh hitam memiliki kandungan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari sinar UV dan polusi lingkungan. Tidak cuma itu, kandungan kafein yang tinggi dari teh jenis ini juga mampu mengencangkan dan menyehatkan kulit dari dalam.

4. Niacinamide
Zat yang merupakan nama lain vitamin B3 ini sering ada di dalam produk essence atau serum. Niacinamide membantu produksi kolagen untuk segera menutup garis halus dan kerutan di wajah. Zat ini juga sangat baik untuk menyamarkan noda hitam sehingga cocok dipakai untuk para pemula yang ingin mencegah penuaan dini.

5. Adenosine
Jarang terdengar sebagai zat aktif dalam skincare, adenosine sebetulnya lebih banyak dipakai untuk pengobatan medis. Di sisi lain, saat digunakan sebagai formula bahan skincare, adenosine bersifat menenangkan untuk kulit yang iritasi atau yang memiliki bekas luka. Jika dipakai secara teratur, adenosine akan bekerja sebagai restoring agent yang mempercepat produksi kolagen dan elastin di kulit wajahmu.

6. Beta Glucan
Zat yang banyak ditemukan dalam tanaman gandum ini sudah lama dikenal sebagai bahan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Begitu beta glucan dioleskan ke wajah, sel epidermis dan dermis akan menyerap secara maksimal sehingga kulit dapat dilembapkan dari dalam. Produk skincare yang mengandung beta glucan akan membuat wajahmu terhindar dari kerutan halus serta ‘menunda’ keriput semakin bertambah dalam.

7. AHA
Dikenal luas sebagai bahan skincare yang bisa menghilangkan bruntusan sampai komedo, AHA merupakan zat eksfoliasi kimia yang bertugas untuk menghancurkan sel kulit mati. Jika dipakai teratur, wajah kamu akan lebih halus karena lapisan kulit teratas terkelupas secara maksimal. Punya masalah kulit wajah kusam dan banyak bintik hitam ? Pilih skincare dengan kandungan AHA agar garis halus juga ikut tersamarkan.

8. EGF
Formula terbaru dalam dunia anti-aging ini merupakan kependekan dari Epidermal Growth Factor. Diambil dari senyawa protein aktif, EGF mulai dipakai dalam produk krim wajah anti-aging dan krim malam. Zat ini sempat jadi bahan perbincangan karena dapat membantu sel baru untuk tumbuh. Tidak hanya itu, EGF juga dapat menstimulasi pembentukan keratinocyte dan fibroblast, yang dapat nantinya meningkatkan zat elastisitas kulit seperti kolagen dan elastin. Begitu dipakai secara rutin, kulit wajah akan jauh lebih kenyal, sehat, dan terlihat muda tanpa kerutan halus.

Untuk kamu yang sudah mulai concern dengan masalah kerut halus dan keriput, jangan bingung lagi saat tanda penuaan itu muncul. Cukup ubah gaya hidup kamu dengan cara lebih sehat dan mulai gunakan produk skincare yang mengandung bahan-bahan di atas. Satu yang harus diingat, pastikan barang jastip yang kamu beli merupakan produk skincare asli agar tidak menyesal di kemudian hari.

0 komentar:

Posting Komentar