Senin, 25 Mei 2020

Begini Cara Perawatan yang Baik Meski Mobil DirumahAja


Perawatan Mobil

Melakukan perawatan mobil secara rutin di bengkel resmi memang hal yang wajib dilakukan. Apalagi jika cicilan mobil Mitsubishi Xpander yang Anda ambil menawarkan promo berupa servis gratis selama beberapa kali, pasti sangat menguntungkan. Dengan begitu, performa mobil akan selalu terjaga dan mobil siap digunakan setiap saat.
Namun sayangnya, di masa pandemi seperti ini, pemerintah menyarankan masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas #DiRumahAja. Artinya, kecuali ada keperluan yang sangat mendesak Anda tidak diizinkan untuk keluar rumah apalagi pergi ke area tempat berkumpulnya banyak orang. Nah, di masa seperti ini Anda wajib tahu bagaimana cara merawat mobil agar meskipun tidak melakukan perawatan di bengkel resmi performa mobil tetap baik, di antaranya :

  1. Nyalakan Mesin Secara Berkala
Meskipun tidak digunakan, mesin mobil tetap harus dinyalakan setidaknya 3 hari sekali. Untuk mobil yang tergolong tua, yaitu dengan usia sekitar 10 tahun, Anda perlu memanaskan mobil dalam waktu yang cukup lama. Misalnya seperti 10 hingga 15 menit. Alasannya, karena mobil dengan usia ini memiliki waktu yang lebih lama untuk proses sirkulasi oli dan sebagainya. Sementara untuk mobil yang tergolo baru, maka Anda bisa memanaskannya dalam waktu sebentar saja, ssekitar 1-3 menit saja. Melakukan hal ini memang terlihat sederhana, tetapi penting dilakukan untuk menjaga fungsi kerja aki.
  1. Cek Tekanan Angin Ban
Tahukah Anda bahwa mobil yang lama tidak digunakan bisa saja tekanan anginnya semakin berkurang ? Hal ini biasanya terjadi akibat adanya lubang atau pori-pori pada permukaan ban yang membuat anginnya semakin lama berkurang. Namun tingkat keparahannya akan bergantung pada kondisi dan kualitas ban itu sendiri. Ada baiknya jika Anda terus memerhatikan kondisi ban secara berkala karena jika angin pada ban sudah benar-benar habis, Anda tidak bisa mengendarai mobil meskipun dengan jarak dekat sekali pun.
  1. Perhatikan kondisi mobil saat parkir
Untuk Anda yang menggunakan mobil dengan transmisi matik, maka sebaiknya gunakan gigi “P” yang memang berfungsi untuk parkir. Sementara untuk mobil dengan transmisi manual, maka sebaiknya tempatkan persneling pada gigi “1” dan gunakan rem tangan. Terutama jika Anda parkir di area yang tidak rata, baik agak menanjak atau menurun. Anda juga bisa membantu menahan beban mobil dengan meletakkan batu di dekat ban.

Nah, itulah langkah yang mesti Anda terapkan agar mobil tetap terawat meskipun di parkirkan di rumah aja. Semoga mobil Anda tetap awet meskipun hanya mendapatksan perawatan di rumah saja.

0 komentar:

Posting Komentar