Jumat, 24 April 2020

Mengenal Sistem Kredit dengan Agunan dan Keuntungannya


Kredit
Banyak jenis program pinjaman yang bisa Anda temui saat ini. Salah satunya adalah program pinjaman atau kredit dengan agunan. Program ini juga biasa disebut dengan nama kredit multiguna. Berikut akan dibahas mengenai sistem kredit dengan agunan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Sistem Kredit
  1. Pengajuan
Proses pengajuan pinjaman dengan agunan pada dasarnya sama seperti jenis pinjaman lainnya. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih bank yang menyediakan program pinjaman ini. Pilih tempat yang tepat agar Anda bisa mendapatkan pinjaman sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda.
Sebelum mengajukan pinjaman, silakan pahami dulu apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku. Pelajari juga apa saja dokumen yang harus Anda serahkan agar pinjaman bisa segera didapatkan. Proses pengajuan biasanya dilakukan dengan penyerahan formulir, dokumen, serta agunan yang digunakan.
  1. Agunan atau Jaminan
Sesuai dengan namanya, program pinjaman dengan agunan ini menuntut Anda untuk memberikan salah satu aset sebagai jaminan. Jenis aset yang bisa dijadikan jaminan sangat bervariasi. Mulai dari kendaraan seperti motor maupun mobil hingga properti seperti rumah dan apartemen. 
Pihak kreditur wajib menyerahkan surat bukti kepemilikan aset yang akan dijadikan jaminan. Setelah proses pengajuan, debitur akan melakukan survei atau pemeriksaan aset yang dijadikan jaminan tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa aset tersebut memang bisa dan layak dijadikan jaminan.
Jika jenis jaminan sudah disetujui oleh pihak debitur, maka pinjaman bisa segera diproses. Besarnya pinjaman akan sangat berpengaruh pada jenis aset yang bisa dijadikan jaminan. Semakin besar nilai pinjamannya maka semakin besar juga jenis aset yang bisa Anda jadikan jaminan pinjaman.
  1. Peraturan
Pada umumnya program pinjaman dengan agunan ini berlaku tidak jauh berbeda dengan jenis pinjaman yang lain. Anda harus membayar angsuran setiap bulannya sampai jangka waktu yang sudah disetujui. Besarnya angsuran yang harus dibayarkan setiap bulan sama sesuai dengan perhitungan semula.
Aset yang dijadikan sebagai jaminan akan tetap ditahan oleh pihak debitur. Aset tersebut baru bisa dikembalikan lagi kepada Anda jika Anda sudah melunasi pinjaman. Oleh karena itu, pastikan Anda benar-benar memilih jenis aset yang tepat untuk dijadikan sebagai jaminan agar tidak menyesal di kemudian hari.
Lalu, bagaimana jika Anda tidak bisa melunasi pinjaman sampai batas waktu yang diberikan ? Jika Anda benar-benar tidak bisa melunasi pinjaman yang sudah Anda ambil, maka ada akibatnya. Aset yang dijadikan sebagai jaminan tidak akan dikembalikan lagi kepada Anda dan akan menjadi hak debitur.

Keuntungan
  1. Tenor yang Panjang
Program kredit dengan agunan akan memberikan Anda fasilitas pinjaman dengan tenor yang panjang. Tenor merupakan jangka waktu pembayaran angsuran. Semakin panjang tenornya maka biaya angsuran yang harus dikeluarkan setiap bulan juga semakin ringan.
Program pinjaman ini memang menyediakan pilihan tenor yang lebih lama. Apalagi sudah ada agunan atau jaminan yang ditahan sampai pinjaman berakhir. Jadi, jenis pinjaman ini akan sangat direkomendasikan bagi Anda yang membutuhkan pinjaman dengan tenor yang panjang.
  1. Plafon yang Besar
Selain tenornya panjang, program pinjaman dengan agunan juga memiliki plafon yang besar. Nilai pinjaman yang akan Anda dapatkan bisa sangat besar bahkan mencapai milyaran rupiah. Itulah mengapa jenis pinjaman ini sangat direkomendasikan bagi orang-orang yang butuh dana besar.
Nilai plafon yang bisa diambil juga dipengaruhi oleh aset yang akan dijadikan jaminan. Semakin tinggi nilai aset jaminan maka akan semakin besar plafon yang bisa Anda dapatkan. Misalnya, aset rumah akan memberikan nilai plafon yang lebih besar daripada aset kendaraan sebagai jaminan.
  1. Bunga yang Ringan
Perlu diketahui bahwa program pinjaman dengan agunan ini memiliki nilai bunga yang ringan. Tentu Anda bisa merasakan keuntungan karena nilai plafon yang diterima besar, tenornya bisa lama, dan bunganya juga ringan. Bunga yang ringan akan membuat Anda lebih mudah melakukan pembayaran angsuran setiap bulannya.
Besarnya nilai bunga ini harus diketahui terlebih dahulu sejak awal. Hal ini dilakukan agar Anda bisa memperkirakan berapa besarnya angsuran yang harus dibayar setiap bulan. Pastikan besarnya bunga yang dibebankan sesuai dengan kemampuan Anda.
  1. Proses yang Cepat
Pengajuan pinjaman dengan agunan ternyata memakan waktu yang lebih cepat dari program KTA. KTA adalah program kredit tanpa agunan yang merupakan kebalikan dari program pinjaman dengan agunan. Anda bisa mendapatkan pinjaman dalam jumlah sangat besar dalam waktu singkat.
Itulah mengapa program pinjaman yang satu ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang butuh uang dalam waktu cepat. Memiliki uang dengan jumlah besar dalam waktu singkat jelas bukan hal yang mudah. Namun, itu bisa diwujudkan dengan adanya program pinjaman dengan agunan ini.
  1. Multiguna
Pinjaman dengan agunan ini dikenal juga dengan nama lain kredit multiguna. Sesuai dengan nama tersebut, pinjaman ini memang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Anda bisa dengan fleksibel menggunakan uang pinjaman yang sudah didapatkan. Tidak ada peraturan khusus yang mengatur pemakaian pinjaman.
Anda bisa menggunakan uang pinjaman untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Anda juga bisa menggunakannya untuk memulai dan mengembangkan usaha. Apapun itu, yang paling penting adalah Anda mampu dan berkomitmen membayar angsuran secara rutin sampai pinjaman lunas.
Itulah tadi sedikit informasi mengenai program kredit dengan agunan. Jika Anda ingin mengambil kredit ini, pastikan bahwa Anda sudah benar-benar paham apa saja risiko dan keuntungannya. Buat perhitungan yang matang agar Anda tidak menyesal di kemudian hari karena mengambil program kredit yang tidak sesuai harapan.

0 komentar:

Posting Komentar