Rabu, 17 Maret 2021

Cek Komponen Ini Setelah Membeli Mobil Bekas


 

Mobil bekas
Membeli mobil bekas

Setelah sekian lama menabung, akhirnya sudah cukup untuk membeli mobil. Meskipun baru bisa membeli mobil bekas dengan mengajukan kredit mobil bekas murah Surabaya ke lembaga pembiayaan, tidak masalah. Setidaknya Anda bisa segera mewujudkan keinginan untuk membeli mobil bekas.

Nah, setelah Anda menemukan mobil yang disukai dan sudah mengajukan kredit untuk pembeliannya, sebaiknya Anda mulai mencari informasi mengenai perawatan mobil. Dengan begitu setelah transaksi selesai dan mobil menjadi milik Anda, Anda jadi bisa melakukan langkah-langkah yang tepat begitu mobil incaran Anda sampai di rumah. Berikut ini adalah beberapa pengecekan yang harus Anda lakukan setibanya mobil di rumah :


1. Cek kualitas oli

Jika Anda lupa menanyakan kapan terakhir kali pemilik mobil mengganti oli, maka hal ini wajib dilakukan saat mobil sampai di rumah. Sebab kualitas oli akan sangat memengaruhi kinerja dan keawetan mesin sehingga tidak boleh diabaikan. Selanjutnya Anda harus membuat jadwal ganti oli dan ikuti jadwal tersebut agar komponen mesin mobil Anda selalu dalam kondisi prima, ya!

2. Cek air radiator

Periksa apakah air dalam tangki radiator menggunakan air keran ataukah radiator coolant. Jika menggunakan air keran, maka segera kosongkan tangki dan ganti dengan radiator coolant. Namun jika sudah menggunakan radiator coolant, maka cek kualitasnya dan volumenya. Selalu pastikan bahwa air radiator terisi pada level di antara garis batas maksimal dan minimal. Air radiator yang tidak sesuai akan mengganggu sistem pendinginan mesin dan berpotensi menyebabkan overheat. 

3. Cek filter

Filter yang berfungsi sebagai penyaring kotoran cenderung menjadi rumah bagi kotoran dan debu. Akibatnya tumpukan kotoran dan debu tersebut bisa menyumbat filter Dan akan mengganggu kinerja mesin. Bahkan terkadang, filter yang terlalu kotor justru membuat kotoran dapat terdorong melalui filter akibat adanya tekanan sehingga berpotensi menyebabkan masalah di kemudian hari.

4. Cek kondisi ban utama dan jugaban cadangan

Ban memiliki peran penting terhadap keselamatan dalam berkendara. Pastikan bahwa ban mobil bekas yang Anda beli masih layak digunakan, termasuk juga ban cadangan. Sebenarnya, ada baiknya jika Anda memeriksa bagian ini sebelum melakukan transaksi. Sebab harga ban cukup tinggi, jadi jika kondisi ban ternyata sudah cukup parah dan harus diganti, bisa menjadi dasar negosiasi harga. 


Beberapa hal di atas hanya pengecekan awal kendaraan Anda untuk memastikan mobil bekas yang dibeli dalam kondisi baik. Namun setelahnya, Anda juga wajib untuk melakukan beragam perawatan rutin agar performa mobil selalu terjaga.

0 komentar:

Posting Komentar